Tuesday, January 6, 2009

Sedikit Curahan Hati Saya

Aduh, 3 bulan gag ngeblog rasanya didalam penjara nih. Buat para teman-teman Bloggers, saya minta maaf gak pernah update. Rasa maaf ini saya ucapkan mendalam karena memang saya masih mengurus sekolah saya yang bentar lagi udah mencapai klimaks. Saya berharap teman-teman semuanya mau memaafkan saya.
Di 3 Bulan ini, kepalaku disibukkan oleh omongan pembimbing yang amat sangat gak aku ngerti. Yang katanya tugas akhir harus selesai bulan ini-lah, trus yang katanya uji kompetensi yang ruwet lah. Belum lagi masalah UNAS yang bikin pusing minta ampun. Entah apa itu hanya untuk menakuti saja atau untuk mengancam para peserta didiknya biar mau belajar. Tapi dengan terpaksa deh, banting tulang mengurus Tugas akhir plus persiapan Uji Kompetensi yang sangat padat schedule. Dan saat emosi udah gak bisa dibendung lagi, eh ada seorang guru yang tambah bikin emosi. Dengan seenaknya tuh guru nyeletuk bilang "Siswa jaman sekarang itu enak yah. Gak ada beban." Kalau dia bukan guru, udah ilang tuh orang dari dunia ini.
Emosi belum turun, ditambah lagi ada berita mengejutkan. Tepat pertengahan Desember lalu, ada kabar dari kurikulum bahwa Project Work alias TA alias Tugas Akhir ditiadakan dan diganti Uji Praktek oleh Pusat langsung. Mau marah sama siapa? Gak marah itu...
Gimana gak marah, udah susah buatnya. Eh gagal tuh. Tapi alhamdulillah para pendidik sepakat bahwa TA tetap dikumpulkan sebagai ganti nilai Praktek Semester 6. Huh aku sedikit lega, karena minimal hasil kerjaku masih dinilai.
Emang bener yah, saya dan para peserta didik yang lain dan para guru pendidik cuma dijadikan sebagai kelinci percobaan oleh pemerintah pusat. Kita cuma dicoba satu cara, apabila gagal, dicoba cara lain. Kapan bisa maju kalau ganti tahun ajaran, ganti pula kurikulumnya. Kapan Indonesia bisa cerdas. Belum selesai program ini sudah diganti program lain.
Setelah berita itu turun, kebetulan sekolahku menjadi salah satu tempat uji coba Ujian kompetensi. Pemerintah pusat atas nama Dinas Pendidikan datang ke sekolah dengan membawa satu paket berisi soal-soal uji coba ujian. Ujiannya sih lumayanlah. Cuma kalau dibanding Tugas Akhir yang sebelumnya, kayaknya gak ada apa-apanya. Masih rumit TA, masih lebih berbobot TA. Tapi terserahlah.
Cuma sekedar pesan aja buat Pak direktur dikmenjur Indonesia. Kalau buat program mbok ya jangan plin-plan. Kami bukan kelinci percobaan. Kami ini manusia pak. Kalau dibuat bingung hanya karena kebijakan pemerintah, berarti bukan kebijakan, tapi kerancuan. Okey pak.

95 comments:
Write comments



Tentang Penulis

.:: Just Be My Self ::.




Your Ad Here