Sabtu, 19 Juli 2008

Buku Sekolah Elektronik Depdiknas ( BSE ) bagian I

Kecanggihan Tekhnologi Informatika atau yang biasa kita kenal sebagai ilmu TI memudahkan beberapa pekerjaan yang sebenarnya sukar dikerjakan. Selain itu seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern dan maju, kemajuan bidang TI ini mendukung semua bidang.
Semisal saja ada orang yang gak tahu sedikitpun TI, pasti orang disekitarnya berkata :

"Ih.... Gaptek." atau "Huh dasar kampungan." dll.

Dukungan TI ini salah satunyadapat dilihat pada bidang pendidikan. Berkat kemajuan dan kecanggihan TI, pendidikan Indonesia menjadi semakin mudah dimengerti. Informasi tentang segala hal bidang pendidikan Indonesia dapat segera disampaikan ke seluruh pelosok Indonesia hanya dengan posisi duduk di kursi dan jari-jemarilah yang bergoyang-goyang bertugas untuk mengirimkan informasi.
Yah melalui Inet.....
Inet atau Internet yang terhubung ke jaringan raksasa dunia membuat ilmu pendidikan seolah tanpa batas. Kondisi ini juga tercermin di Indonesia dengan dikeluarkannya BSE Depdiknas Indonesia. BSE, apa itu? Singkatan dari Buku Sekolah Elektronik. Sebenarnya buku ini sama seperti e-book atau electronic book, cuma bedanya berisi materi pendidikan sesuai kurikulum Indonesia yang berlaku dan bisa dibaca secara online gratis tanpa harus merogoh gocek untuk membacanya. Paling-paling cuma butuh gocek untuk bayar koneksi Internetnya.
Buku ini tersedia mulai dari tingkat dasar(SD,SDLB,MI,SDI), menengah(SMP/MTs/dan yang sederajat) hingga atas (SMA/MA dan yang sederajat) maupun menengah kejuruan (SMK/MAK). Kurikulum yang diberlakukan juga masih bisa dipakai. Meski ada beberapa bab yang sedikit berbeda dengan yang dipakai secara umum oleh sekolah.
Tapi, kendalapun muncul dari kondisi ini. Kendala ini berupa koneksi internet Indonesia yang masih lemah. Selain itu, diperparah dengan beratnya file yang harus ditampilkan. Karena BSE berbentuk e-book dan berformat Portable Document Format atau PDF yang notabene memang sangat besar ukuran filenya menyebabkan koneksi Internet menjadi semakin lambat. Ini akan menyebabkan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih mahal bahkan untuk membaca satu jilid buku saja.
Namun alhamdulillah, kendala ini bisa sedikit teratasi. Karena selain dapat dibaca, e-book ini juga dapat langsung diunduh tanpa harus menampilkannya terlebih dahulu. Yah meski gak bisa mempercepat koneksi secara drastis, tapi minimal dengan mengunduhnya langsung, pembaca dapat membukanya kembali dengan menggunakan komputer atau PDF reader tanpa harus terhubung dengan koneksi internet.


Unduh Filenya BSE | Download Filenya BSE

16 komentar:
Write komentar



Tentang Penulis

.:: Just Be My Self ::.




Your Ad Here