Sabtu, 12 Juli 2008

Asal Muasal Lorem Ipsum dan kawan-kawan

Download banner disiniLorem ipsum dolor sit amet

Pagi-pagi makan dawet

consectetur adipisicing elit

Siangnya perut jadi sembelit

sed do eiusmod tempor incididunt

Sorenya eh, dicocol ma ayam kalkun


ut labore et dolore magna aliqua

Huh dasar sial hidup gua


Penggalan kisah pengarang Lorem Ipsum diatas memang aneh. Tapi itu hanya sekilas, arti sebenarnya bukan itu kok. Aku baru tahu kalau Lorem Ipsum dan kawan-kawan adalah kata-kata yang emang ada sejak kira-kira 2000 tahun yang lalu. Padahal aku kira, Lorem dan kawan-kawan emang diciptain buat para Designer khususnya web biar gak terlalu sulit nyari kata-kata buat sample, trus biar pembaca gak terfokus sama kata-katanya. Eh ternyata salah. Fungsinya sih sama kayak perkiraanku, tapi Lorem Ipsum dkk ternyata bukan hanya sekedar kata-kata yang disusun begitu aja. Tapi kata-kata itu ada pada sebuah naskah karya "Cicero" dengan judul "de Finibus Bonorum et Malorum" (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan).
Waduh...Waduh... sampe ribet nyebutinnya....
Biasalah tiyang Jawi leres...
Dulu waktu aku pertama kali tahu fungsi Teks ini, guruku pernah bilang kalau Lorem Ipsum dkk adalah salah satu mantra Harry Potter yang dibuat oleh J.K.R yang digunakan buat minterin siswa akademi. Wah aku sih sedikit percaya, sedikit enggak. Namanya juga masih pemula. Tapi akhirnya aku tahu darimana asalnya. Dan bukan dari HP. Tapi dari dua bagian naskah diatas. Meskipun keliatannya gak penting, tapi kayaknya lucu aja gitu, kalau beberapa web designer memakai kata-kata itu, tapi gak tahu asal-muasalnya. Yah meskipun gak tahu artinya, tapi minimal tahu asalnya. Daripada gak tahu sama sekali. Soalnya orang awam yang gak tahu apa-apa tentang web design, nyangkanya Lorem Ipsum dkk itu bahasa aneh yang artinya ada hubungannya sama Web. Padahal sama sekali enggak.
Nah tujuanku ku posting Lorem Ipsum dkk ini adalah buat para pemula Web (termasuk saya) ngerti kalau itu gak ada hubungannya sama sekali. Tapi itu juga bukan kata-kata ngawur seenaknya aja, tapi ada asalnya. Trus yang kedua biar kalau ditanya orang gak malu-maluin.
Masa ada orang tanya :
"Eh mas, mbak yang pinter Web.... Apa sih Lorem Ipsum itu?"
Trus dijawabnya :
"Oh itu cuma ngawur-ngawuran aja kok."
Yang lebih parah kalau dijawab :
"Oh itu penjelasan singkat web, cuma pake bahasa asing. Soalnya web-kan dari negara asing"

Wahahahahahaha......... Kan lucu banget.
Udah begonya keterlaluan, malu-maluin, sok tahu lagi. Bisa-bisa semua nama Web Designer ancur gara-gara itu.

Kalau masih kurang lengkap baca artikelnya disini

Kalau udah baca posting ini, wajib dan harus alias fardhu 'ain ngisi comment atau ngisi shoutbox. Trus buat yang mau tuker link, juga boleh. Biar bisa punya banyak temen.
Okay......

8 komentar:
Write komentar



Tentang Penulis

.:: Just Be My Self ::.




Your Ad Here