Rabu, 23 Januari 2008

Bahayanya Optical Mouse....

Perangkat Komputer Personal atau yang biasa disebut Personal Computer alias PC. PC terdiri dari beberapa perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Salah satu hardwarenya adalah mouse. Bisa dibilang inilah hardware yang paling penting disamping keyboard sebagai hardware interaktivitas user komputer.
Pada zaman sebelum ini, mouse yang berguna untuk menunjukkan dan menggerakkan arah pointer ini menggunakan sistem bola scroll. Saya sih mungkin tidak terlalu mengerti tentang selu beluk alat ini. Alat yang ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963 ini sangat memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer.
Namun, pada zaman sekarang ini, mouse tidak lagi menggunakan bola scroll. Yah meskipun juga banyak yang masih memakai bola scroll. Tapi untuk sekarang, bola scroll telah mulai ditinggalkan dan diganti dengan gelombang Elektromagnetik frekuensi sangat tinggi yang dipancarkan ke bagian bawahnya.
Penggunaan Mouse yang memakai gelombang Elektromagnetik frekuensi tinggi ini, memang lebih memudahkan kita mengoperasikannya. Tapi jangan merasa enak untuk menggunakan Optical mouse (Begitu biasanya Mouse ini disebut - Blog's Owner) ini. Karena selain kemudahannya, ternyata Optical Mouse juga memiliki Efek Samping yang sangat besar.
Karena selain dipancarkan ke bawah mouse, ternyata gelombang elektromagnetik ini juga menembus ke bagian atas mouse. Gelombang yang terpancar ini, sama dengan gelombang yang dipancarkan Telepon Seluler yang ada sekarang ini, namun frekuensinya lima kali lebih kuat dari gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler.
Oleh karena itu, penggunaan Optical mouse memiliki efek yang berbahaya bagi pengguna perangkat ini, khususnya bagian telapak tangan.
Efek ini akan lebih terasa pada produk - produk yang berkualitas rendah. Sedangkan pada produk yang lebih tinggi levelnya, memiliki pelindung (shield) pada bagian atasnya untuk menekan pancaran gelombang elektromagnetik. Tapi saya rasa efek pancarannya juga masih akan terasa. Mengingat kuatnya frekuensi gelombang ini.
Menurut yang saya kutip dari Situs Hoax-Slayer bahwa pernyataan ini memang dibenarkan oleh beberapa perusahaan atau organisasi dunia. Termasuk Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organitation alias WHO. Bahkan di organisasi ini Optical Mouse sudah tidak dipakai. Tindakan ini juga diambil beberapa organisasi atau perusahaan lain seperti GreenPeace dan CNN.
Mengingat kesehatan lebih penting daripada mengikuti modernisasi yang "tidak sehat", kalau menurut saya mending pakai mouse bola Scroll lama. Memang penggunaannya kurang nyaman dibanding Optical Mouse, tapi saya rasa itu dapat diatasi dengan mencari mouse bola yang berkualitas tinggi.
Saya harap artikel ini dapat bermanfaat.

Baca artikel ini lebih lengkap (English Version)

2 komentar:
Write komentar



Tentang Penulis

.:: Just Be My Self ::.




Your Ad Here